Wajib Share, Kenapa Sih Bendera Kita Merah Putih? Bukan Merah Ijo?


Bendera merah putih! Ngga kerasa gan kita hormatin bendera kita satu ini pas upacara tiap hari senen. Tapi masa ngga pernah bertanya gan, kenapa kok bendera kita merah putih? Kenapa misalnya ngga merah ijo aja?

Datang Dari Majapahit

Ternyata gan, pendeknya asal muasal warna merah putih bisa dikatakan datang dari jaman kerajaan majapahit sejak abad ke-13 . Warna panji yang mereka gunakan ternyata kala itu memiliki warna yang sangat mirip, dengan bendera indonesia gan!






Digunakan Pangeran Diponegoro

Terus pada abad ke-19, baru digunakan gan secara luas sama Pangeran Diponegoro, sebagai bendera pemberontakan ngelawan penjajah... Pada perang jawa (1825-1830). Semenjak ini, merah putih mulai disimbolkan gan sebagai "simbol perlawanan" terhadap para penjajah!





Ditiru Oleh Para Nasionalis Dan Pemuda

Kemudian pada abad 20 gan, abad dimana negara kita ini merdeka gan Bendera merah putih digunakan oleh para pejuang kita dari tua sampe muda sebagai simbol kemerdekaan kita gan! Artinya bendera merah putih ini merupakan bendera yang menyatukan semangat kemerdekaan kita gan! Sampe akhirnya, ujungnya kita berhasil membacakan proklamasi kemerdekaan dengan menarik bendera merah putih kebanggan kita diatas bumi Indonesia pada 17 Agustus 1945






Ada Satu Teori Mengejutkan Gan

...Bahwa katanya bendera kita ini asal-usulnya dari bendera belanda gan! Kok Bisa!? TSnya gimana nih!?


Eitsss api ternyata itu datang dari bendera Belanda gan, yang kita robek bawahnya gan... Jadi sisanya merah putih doang, ngga pake birunya Jadi itu disimbolkan oleh para pejuang kita bahwa artinya kita itu udah lepas dari "darah biru" Belanda selama 350 tahun ini dan ingin merdeka




Untuk lebih enaknya tonton video ini...




Jangan Lupa Di Like & Share Ya!!!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wajib Share, Kenapa Sih Bendera Kita Merah Putih? Bukan Merah Ijo?"

Post a Comment