Global Warming Bisa Bikin Manusia Jadi Pendek



WASHINGTON - Menurut para ilmuwan, pemanasan global dapat membuat orang jadi lebih pendek. Pasalnya, penelitian mereka terhadap fosil kuda menemukan hubungan antara suhu planet dengan ukuran tubuh mamalia.

Diwartakan Dailymail, Minggu (26/2/2012), para peneliti dari University of Florida dan Nebraska University menggunakan fosil untuk mengamati evolusi kuda sejak penampakan pertamanya pada 56 juta tahun yang lalu.

Seiring naiknya suhu udara, ukuran tubuh mereka mengecil. Pada satu titik, mamalia tersebut pernah berukuran sekecil kucing rumah.

Peneliti menelusuri evolusi Sifruhippus, yaitu kuda paling awal yang pernah diketahui. Nenek moyang kuda zaman modern ini, dalam medio 130.000 tahun, menyusut dari 12 pon menjadi 8,5 pon (seukuran kucing rumah), kemudian meningkat menjadi sekitar 15 kilogram dalam rentang waktu 45.000 tahun berikutnya.

"Hal yang mengejutkan adalah bahwa setelah muncul pertama kali, hewan tersebut kemudian menjadi lebih kecil dan kemudian secara dramatis mengalami peningkatan ukuran, dan hal ini sesuai dengan peristiwa pemanasan global, yang diikuti oleh pendinginan," kata Jonathan Bloch, kurator di Florida MUseum of Natural History.

"Sudah diketahui bahwa mamalia pada rentang waktu tersebut memiliki ukuran yang kecil serta saat itu suhunya hangat, tapi waktu itu kami belum mengetahui bahwa temperatur bisa mendorong evolusi ukuran tubuh," tambahnya.

Penemuan ini memicu pertanyaan mengenai bagaimana respon hewan terhadap pemanasan global di masa depan, namun masih belum jelas apakah hal serupa bisa terjadi dalam waktu dekat.

"Karena pemanasan terjadi lebih lambat di masa Paleocene-Eocene Thermal Maximum, mamalia punya waktu lebih banyak untuk menyesuaikan ukuran tubuhnya. Jadi, masih belum jelas apakah hal serupa juga akan terjadi dalam waktu dekat. Tapi ini mungkin saja," kata Ross Secord dari Nebraska Univesity.



manusia akan semakin mengecil gan seiring global warming terus menerpa kita gan ini bukan ane yang menilai ataupun pendapat ane pribadi gan  ..
ini merupakan penialain dari pakar para ahli dari dunia gan ..


Perbedaan tinggi manusia sekarang, dengan jaman nabi:


Ukuran tinggi Nabi Adam A.S

Berdasarkan hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam, tinggi Nabi Adam ‘alaihissalam adalah sekitar 60 hasta, atau sekitar 1080 inchi, atau sekitar 27 meter. Hadits lengkapnya:
Said bin Abi Arubah meriwayatkan, dari Qatadah, dari Hasan, dari Utai bin Dhamrah, dari Ubay bin Kaab, ia berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Segungguhnya bapak kalian, Adam, itu posturnya seperti pohon kurma yang tinggi, kira-kira 60 hasta. Ia juga memiliki rambut yang lebat hingga menutupi auratnya. Lalu ketika ia melakukan dosa di dalam surga, maka terlihatlah auratnya. Ia pun dikeluarkan dari surga. Lalu ia menemukan sebuah pohon dan mengambil ujung tangkainya. Kemudian Allah menegurnya, “Wahai Adam, apakah kamu bersembunyi dari-Ku?” Lalu ia menjawab, “Tidak demikian wahai Tuhanku, aku hanya merasa malu dengan apa yang telah aku perbuat.”


Ukuran Bahtera Nabi Nuh ‘alaihissalam

Ats-Tsauri mengatakan, “Nabi Nuh diperintahkan untuk membangun sebuah kapal yang panjangnya 80 hasta (± 36 meter) dan lebarnya 50 hasta (± 22,5 meter).”

Imam Qatadah mengatakan, “Kapal yang dibangun oleh Nabi Nuh panjangnya 300 hasta (± 135 meter) dan lebarnya 50 hasta. Inilah yang aku dapatkan dari keterangan Kitab Taurat.”

Sedangkan Hasan Basri mengatakan, “Luasnya adalah 600x300 hasta (270x135 meter).”
Berbeda pula dengan riwayat dari Ibnu Abbas yang menyebutkan bahwa panjang kapal itu adalah 1200 hasta (± 540 meter), dan lebar 600 hasta.

Ada juga yang mengatakan panjangnya 2000 hasta (± 900 meter) dan lebarnya 100 hasta (± 45 meter).

Namun, mereka semua sepakat bahwa tinggi kapal itu adalah 30 hasta (± 13,5 meter) yang terdiri dari tiga tingkat yang tinggi tiap tingkatnya 10 hasta. Tingkat pertama diisi berbagai hewan peliharaan dan hewan liar, tingkat ke dua untuk manusia, dan tingkat atas untuk burung-burung. Pintu kapal terletak di bawah, dan kapal itu juga memiliki penutup yang tertempel di bagian atasnya.



SUMBER

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Global Warming Bisa Bikin Manusia Jadi Pendek"

Post a Comment